Bromo Marathon yang Rugi

Ini pertama kali aku ikut Bromo Marathon tapi kelas biasa bukan kelas Ultra marathon. Kehabisan slot early awalnya gak mau ikut karena dulu takut aja waktunya gak pas. Pas dihitung waktunya pas slot early sold out. Jadinya pesen paket yang biasa yang harganya dua kali lipat lebih mahal. Tahun ini ada penambahan kategori 5k, jadi karna kategori 5K aja udah harga 400.000 jadi aku ambil itu.
Setelah berhasil transfer aku coba untuk mempersiapkan semuanya termasuk penginapan. Sayang seribu sayang memang aku sampai sana malam jadi waktu check in tidak ada pemiliknya, akhirnya sempet ragu karena takut ya udah aku melanjutkan perjalanan menuju Gunung Bromo berharap menemukan Homestay yang masih buka dan mau nerima aku. Sampai di tengah perjalanan tiba-tiba pihak homestay telp, akhirnya aku kembali, memang belum ada penunggunya Cuma ya harus sabar. Hanya aku doank yang nginap malam itu, kamar kecil gak ada jendela untuk udara masuk sedikit berasa sesak aja.
Ruangan rumah banyak lorong dan lukisan yang bikin aku takut, gak lama aku bergegas tidur aja. Pukul 4 pagi alarm hape bunyi dingin masih menusuk mau gak mau aku harus prepare. Karena lokasi start yang berada di Plataran Bromo memang lumayan jauh dari homestay. Kalau lewat bawah emang muter lagi, mau gak mau aku harus melewati Gunung Bromo dan bertemu pasir gerak dank abut yang tebel. Aku harus ketemu Mas sis paling lambat jam 6 untuk mengambil racepack ku. Sampai di pintu loket dan membayar kini yang kita hadapi adalah pasir gerak itu.
Sempet ragu dan memilih untuk naik ojek sampai jalanan aspal penanjakan. Akhirnya sampai penanjakan kita ngebut sampai lapangan. Sampai lapangan baik mobil dan motor dilarang lewat. Kita harus oper menggunakan suttle bus yang telah disediakan. Karena penggunaan suttle bus di wajibkan kategori 42K dan 21K, dan sempet aku gak dibolehin karena memakai baju bebas.
Ya udah aku cari alasan daripada gak bisa lari juga. Aku ngaku aja peserta 21K. sampai di lokasi aku cari temen-temen. Aku ketemu dang anti baju. Warming up dan sarapan. Terus sampai di kategoriku lari deh. Ada yang bikin aku gak lari-lari tanjakannya astaga bikin nyerah aja. Kedua memang kaki kanan kiri masih sakit.
Nyesel sih pas ikut marathon ini, sudah banyarnya mahal, perlengkapan di racepack dikit banget, gak ada obat-obatan, terus kita kan di kasih voucher tuh biasanya kita tinggal ngasih voucher terus dapat secara gratis, kalau disini itu enggak ngasih voucher ya ngasih duit, terus soal foto, dapat file satu sama foto dicetak 4R bayar 50.000 lagi. Ya Ampun males kan. Selesai beres-beres aku makan bakso, makan bakso nunggu jemputan suttle bus, kembali ke parkiran dan pulang kerumah sambil nahan kantuk yang berat banget