Kue Pasung dalam Mitoni Adat Jawa

Seminggu lalu kakak iparku yang sedang hamil tujuh bulan, kebiasaan adat Jawa bagi perempuan yang hamil berusia 7 bulan di adat Jawa wajib untuk melaksakan mitoni yang artinya memperingati tujuh bulanan.
Bahan utama kue ini sama halnya dengan kue nagasari yang menjadi bedanya adalah jika nagasari di bungkus daun pisang dan dalamnya ada buah pisangnya. Kalau kue pasung hanya adonannya yang di bungkus menyerupai kerucut dari daun nangka. Kue ini memang tidak jual bebas di pasaran, hanya bisa menikmati saat tetangga atau sanak saudara yang sedang melaksanakan acara adat mitoni.
Cara membuatnya pun seperti membuat kue nagasari, hanya diisikan ke dalam daun nangka yang sudah di bentuk kerucut. Cara memasaknya, tepung beras di kukus sebentar dan di campur dengan santan, agara adonan matang sempurna dan merata hingga tekture seperti adonan nagasari, jika sudah lalu diangkat. Setelah di letakkan dalam daun nangka yang berbentuk kerucut dan di kukus berhimpitan satu sama lain agar tidak tumbah dan jatuh, lalu tutup dan kukus sekitar 15 menit.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEMPAT MAKAN VIEW SAWAH (KOPI TELU PANDAAN)

Es Janggelan atau Cincau Hitam?