Candi Belahan / Sumber Tetek, Pasuruan

Candi sumber tetek atau candi belahan. Mengapa begitu mungkin setelah anda datang kesana langsung berpikir mengapa namanya begitu. Menurut sejarah, selain sebagai tempat pertapaan Prabu Airlangga, petirtaan ini juga di fungsikan sebagai pemandian selir-selir Prabu Airlangga.
Oleh karena itu, sebagai bentuk pengabdian dibangunlah 2 patung permaisuri Prabu Airlangga, yaitu Dewi Laksmi dan Dewi Sri.Ya patung wanita tersebut yang mengeluarkan air jernih di dalam kolam lewat teteknya atau belahan dadanya atau payudaranya.

Terletak di di Dusun Belahan Jowo, Wonosunyo, Kecamatan Gempol, Pasuruan. Berkunjung kesini bakalan betah deh, pasalnya daerah pegunungan yang sejuk, pemandangan persawahan juga rumah penduduk yang sebagian berupa gubuk. Lokasi candinya juga masih banyak pohonan yang sangat rimbun sekali.

Tidak perlu takut lapar, di bagian kiri pintu masuk kalian akan menemui gazebo dan juga warung sederhana yang menjual beberapa gorengan.
Tetapi candi ini memiliki mitos loh jangan sampai kalian wanita haid datang kemari ya, karna tempat ini termasuk tempat pertapaan juga peujaan warga umat yang menyakininya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kue Pasung dalam Mitoni Adat Jawa

TEMPAT MAKAN VIEW SAWAH (KOPI TELU PANDAAN)

Es Janggelan atau Cincau Hitam?