Air terjun Kakek bodo, Pasuruan

Masih di kawasan Tretes. Tidak asing dengan air terjun satu ini. Air terjun kakek bodo berada di Jl. Taman Wisata No.541, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur 67157. Jam buka mulai pukul 07.00 hingga 16.00. dari pintu gerbang kawasan Tretes tidak jauh nanti tepat dikiri jalan akan ada tulisan besar dan langsung belok kita sedikit menanjak. Untuk mobil dan motor yang akan berbelok ke kawasan air terjung ambil aba-aba sebelum full gas motor. Sumber air terjun ini berasal dari Sungai Kaligetik. Tepat dibawah curahan air terjun terdapat sebuah kolam alami dengan kedalaman 1 hingga 5 meter. 
Fasilitas disini sudah lengkap mulai dari area parkir, tempat bermain anak, kamar mandi, mushola, juga tempat untuk sekedar membeli minum juga makanan, sebelum masuk di area loket juga tersedia camping ground mini untuk yang ingin sedekar berkemah. Di kwasan ini juga ada makam kakek bodo, bukan hanya liburan di kawasan air terjun saja kita juga bisa berwisata religi disini. Tiket masuknya sendiri perorang 10.000 jika anak berumur di bawah 5 tahun gratis, untuk parkir motor 5000 dan parkir mobil sebesar 10.000 saja. 
Dibalik keindahan dan eksotisme yang dimilikinya, air terjun ini juga memiliki kisah yang cukup melegenda. Dikisahkan, pada jaman dulu kala, ada seorang lelaki tua yang mengabdikan hidupnya kepada sebuah keluarga belanda yang kaya raya.
Pada suatu hari, sang kakek tersebut memutuskan untuk bertapa di hutan belantara, tepatnya di sebuah air terjun. Sang kakek bertapa karena ingin melupakan semua hal yang bersifat duniawi. Karena keputusan nya tersebut, orang belanda yang selaku mantan majikan nya menyebut sang kakek sebagai “Kakek Bodoh”. Sudah diberi fasilitas, gaji yang cukup, dan tinggal di tempat yang enak, tetapi sang kakek malah memilih bertapa di tengah hutan belantara. Namun tidak disangka, dengan bertapa di air terjun tersebut, sang kakek mendapatkan sebuah kesaktian. Dengan kesaktian yang didapatkan nya, sang kakek menggunakannya untuk membantu siapapun yang membutuhkan pertolongan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kue Pasung dalam Mitoni Adat Jawa

TEMPAT MAKAN VIEW SAWAH (KOPI TELU PANDAAN)

Es Janggelan atau Cincau Hitam?