PULAU DERAWAN

Berbicara Kalimantan Timur, pasti kita akan tertuju pada satu kepulauan dengan nama Pulau Derawan. Ya, aku sudah cukup beberapa bulan tinggal di Kalimantan, lebih tepatnya di Kalimantan Timur, sisi Berau. Dapat kesempatan libur sekitar 2-3 hari aku memtuskan untuk sailing ke pulau tersebut.

Dari tempatku tinggal aku menempuh perjalanan darat sekitar 2jam, menggunakan akomodasi travel yang kita sewa. Selama perjalanan 2 jam tersebut kami melihat banyak sekali rumah - rumah warga yang jarang aku temui di Jawa.

Jarak rumah satu dari yang lain cukup jauh, berbeda jauh dengan Jawa yang banyak sekali rumah saling dempet - dempet yang menjadikannya kumuh sekali.

Setelah menempuh perjalanan sekita 2 jam, dan akhirna sampai di Pelabuhan Tanjung Batu, disini memang salah satu tempat penyebrangan menuju Kepulauan Derawan.

Karena waktu kita tidak cukup maka kami memutuskan untuk singgah di satu pulau, yaitu Pulau Derawan.

Menyeberang dengan menggunakan speed boat sekitar 30 menit kita sampai di Resort Pelangi, aku memilih resort ini cukup dengan merogoh kocek 500rb saja, mendapatkan 2 bed besar yang cukup untuk 2 - 4 orang, nah uniknya tempat menginapku ini jika airnya pasang di bawah penginapan banyak sekali ikan - ikan yang berenang - renang.

Bahkan aku menemukan anak ikan hiu, ikan gembung nyonya pao seperti karakter film spongebob, bahkan aku menemukan fauna khas Pulau Derawan yaitu penyu belimbing yang cukup besar dan berenang - renang di bawah penginapan seru sekali.

Nah setelah kita menaruh barang kita memutuskan untuk berkeliling pulau menyantap seafood di warung - warung sekitar. Lalu kita menyewa sepedah angin untuk berkeliling pulau. Malamnya kita ke dermaga kecil dekat penginapan melihat ribuan bintang - bintang, bermain kembang api.

Karena dirasa cukup puas kita kembali ke penginapan untuk beristirahat. Keesokan harinya kita sebelum matahari terbit kita memutuskan keluar cepet - cepet dan mengayuh sepedah cukup kencang menuju ujung pulau derawan yang terdapat ikon lambang tugu selamat datang.

Sampai disana kita berfoto, snorkeling dengan alat yang telah kita sewa, dan bonusnya adalah aku menemukan 1 tukik yang berjalan sendirian lalu aku ambil dan ku bantu tolong untuk di lepas ke laut lepas.

Semua momen terlewat dengan sempurna bahkan cukup puas. Dan wisata pertamaku di Kalimantan Timur cukup menakjubkan. Thanks a lot Derawan Island sampai bertemu di Kepulauan Derawan lainnya.

Untuk review melalui youtube kalian bisa cek https://www.youtube.com/watch?v=QvesGUrKxtM video durasi pendek juga bisa di cek di sosial media Tiktok https://www.tiktok.com/@vika_srsw/video/7096117629848423706