Stasiun Solo Balapan Jadi Kenangan

“Janji lungo mung sedelo….”. sepenggal lirik lagu ini pasti tau kan? Lagu berjudul Stasiun Balapan Solo yang di nyanyikan penyanyi legendaris sang Maestro Didi Kempot ini memang sudah terkenal, mulai dari jaman Papa sampek jamanku yang semuanya bikin malah jadi pasukan Ambyar.
Stasiun ini adalah stasiun kereta api dengan tipe A yang berada di daerah Banjarsari, Solo. Terletak pada ketinggian +93 meter dan termasuk Daerah Operasi 6 Yogyakarta. Balapan sendiri di ambil dari nama sebuah kampong yang terletak di bagian utara stasiun. Stasiun ini merupakan stasiun terbesar di Surakarta.
Bangunan megah dan klasik ala Kolonial bagus untuk berfoto, tapi tak bleh asal foto kalian juga memang harus berada di dalam untuk memang benar-benar akan naik kereta api. Stasiun ini kini telah di lengkapi dengan jembatan penyeberangan (skybrige) pengumpang yang terhubung langsung dengan Terminal Tirtonadi Solo. Dengan fasilitas escalator. Stasiun solo balapan in hanya untuk pemberhentian kereta kelas eksekutif dan bisnis. Untuk kelas ekonomi biasanya berhenti di stasiun Solo jebres, purwosari saja.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kue Pasung dalam Mitoni Adat Jawa

TEMPAT MAKAN VIEW SAWAH (KOPI TELU PANDAAN)

Es Janggelan atau Cincau Hitam?