Wisata Museum De Tjolomadoe

Ngapain sih ke Pabrik Gula, eits tunggu dulu ini buka hanya pabrik tapi sekarang telah beralih menjadi wisata edukasi loh, De Tjolomadoe tidak lagi beroperasi memproduksi gula. Dulunya bernama Colomadu, sebetulnya posisi wisata ini bukan lagi masuk di Surakarta melainkan sudah masuk wilayah Karanganyar.
Dulu pabrik ini sangat Berjaya dan megah, sebelum krisis pada tahun 1998 melanda yang menyababkan di tutup dan tak  beroperasi lagi. 20 tahun setelah krisi pabrik ini keadaanya terbangkalai, akhirnya alih fungsi oleh BUMN untuk di sulap menjadi wisata edukasi sejarah.
Dan namanya lalu berubah menjadi De Tjolomadoe. Untuk tiket masuknya perorang 35.000 baik weekend maupun weekday. Dan parkir di hitung sejak jam pertama, jadi saran sih kalau kesini jangan lama-lama nanti bayar parkirnya makin mahal.
Tidak hanya pabrik kita pun bisa duduk santai di taman sekitan pabrik dengan pohon yang bergitu rindang. Setelah berjalan jalan jangan lupa membeli oleh-oleh asli Colomadu. Bukan hanya itu tempat pembelian tiket dan pembelian souvenir gaya bangunannya ciamik juga buat foto.
Di dekat pintu keluar setelah berkeliling area pabrik kita akan bertemu kafe dengan pemandangan mencusuar yang tinggi. Dalam area pabrik di lantai dua bernama stasiun ketel tekanan rendah yang beralih fungsi sebagai arena food court dan café café cantik.
Selain belajar ada salah satu ruangnya yang bernama ruanganan animasi jadi di dalam ini berisikan proyektor yang menyorot kea rah tembok gelap yang mempertontonkan gambar warna warni yang bagus untuk berfoto. Untuk lokasinya berada di jalan Adi Sucipto nomor 1, kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Buka setiap hari mulai pukul 10.00 pagi sampai 21.00 malam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kue Pasung dalam Mitoni Adat Jawa

TEMPAT MAKAN VIEW SAWAH (KOPI TELU PANDAAN)

Es Janggelan atau Cincau Hitam?