Hari Libur Nasional Malah Gak Ada Aktivitas di Pura Mangkunegaraan

The last day on Solo, ya semalam hujan saat perayaan malam pergantian tahun dan tak kunjung reda, malah pas reda jam menunjukkan waktu tidur dan beristirahat. Akhirnya au memutuskan keesokan harinya untuk ke tempat wisata yang belum aku kunjungi.
Mampir ke Pura Mangkunegaraan, sebelum gak ada di bucket list aku, jadi ceritanya kok cum sedikit ya? Kok banyak karanganyarnya ya? Ya aku coba googling dan nemu deh, akhirnya aku nambah listnya. Iya lebih banyak nambahnya daripada coretnya. Saat berkunjung kemari, banyak bebrapa Pura yang sedang masa tahap renovasi, aku bingung saat membaca GPS, dan ternyata aku baru sadar kalau sudah muterin Pura dengan motorku sebanyak 3kali. Saat itu entah aku yang kepagian atau memang mereka tutup.
Aku coba memberanikan diri bertanya pada security yang menjaga Pura. Mereka bilang sedang tutup di tanggal 1 januari 2020 atau justru mereka libur di hari besar nasional. Katanya hari besar nasional itu identic dengan hari perayaan keagamaan, jadi mereka menghargai begitu. Karna aku memohon dan tak membawa personil satu kompi, security tersebut mengijinkan aku untuk berkeliling saja dan berfoto sekitar Pura, saying memang jadwalnya tutup dan aku gak bisa melangkah lebih dalam untuk menikmati museum.
Ya gak masalah sih, aku juga dikasih gratisan tiket masuk dan tiket parkir, suasana bangunan yang megah, arsitek jaman Belanda, taman dan kolam ikan yang cantik menambah aroma kesan yang bikin adem, karena kita gak enak sudah dikasih peluang menikmati jadi kita gak berlama-lama, setelah berkeliling dan berfoto kami pun berpamit.
Pura ini terletak di jalan Ronggowarsito nomor 83, kecamatan banjarsari, Solo jawa tengah, tepat di depan polsek banjarsari. Buka mulai pukul 08.00 sampai 14.30 di hari minggu, dan kamis. Sisanya buka pukul 08.00 sampai 15.00 kecuali hari besar nasional libur ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kue Pasung dalam Mitoni Adat Jawa

TEMPAT MAKAN VIEW SAWAH (KOPI TELU PANDAAN)

Es Janggelan atau Cincau Hitam?