Es Gembol Pleret Khas Solo

Saat berkunjung ke Keraton Kasunan Surakarta, setelahnya aku menuju parkiran untuk mengambil motor yang terparkir yang aku sewa, selama aku menuju parkiran, aku menemukan seorang kakek tua menjual es gambol pleret khas Solo yang dipikul, tapi kakek itu juga sedang mangkal, akhirnya aku mampir untuk memesan seporsi es gambol pleret.
Kuliner ini berupa minuman tradisional. Satu porsi es gambol pleret seharga 10.000 permangkoknya. Es ini terdiri dari adonan gempol dan pleret yang terbuat dari tepung beras. Gambol dan es pleret disiram dengan santan dan diberi gula jawa. Tentu agar menambah kesegaran, es batu ditambahkan agar lengkap dengan sebuah nama es gambol pleret. Kesegarankan taka da yang bisa menandingi apalagi setelah muter-muter keliling Kraton yang bikin haus dahaga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kue Pasung dalam Mitoni Adat Jawa

TEMPAT MAKAN VIEW SAWAH (KOPI TELU PANDAAN)

Es Janggelan atau Cincau Hitam?