Patung Suro and Boyo, Tanda Ada Kata Djancuk

Selamat datang di kota metropolitan nomor dua di Indonesia. Ya Surabaya siapa sih yang gak pernah kesini, mulai dari melakukan kegiatan kuliah, kerja, atau sekedar liburan, pertama kali ke Surabaya? Belum afdol kalau kalian gak foto di patung khasnya Arek Suroboyo iki rek? Yes, patung Suro dan Boyo yang ada di depan Kebun Binatang Surabaya ini, sebetunya selain di deoan kebun binatang Surabaya.
Kalian juga bisa menemukan di taman Skate atau di daerah kenjeran. Tapi tetep legendnya di depan kebun binatang Surabaya. Untuk jam bukanya gak perlu ditanya jelas 24 jam lah. Patung ini terdiri dari dua hewan yakni buaya dan hiu bernama Sura. Legenda mengatakan bahwa di lautan sana ada dua hewan yang selalu bergulat. Sama-sama kuat, suatu saat mereka bosen berkelahi tanpa pernah ada yang menang ada yang kalah atau menang.
Akhirnya mereka sepakat untuk untuk berdamai dengan membagi dua wilayah masing-masing. Dan entah kenapa suatu hari di hiu Sura mencari mangsa di wilayah Baya. Dan Baya mengetahui kecurangan tersebut, terjadilah perkelahian lagi yang tak bisa di hindari. Dan mereka sama-sama kuat dan terjadilan pertumbahan darah, air tersebut menjadi merah. Akhirnya karena mereka terluka. Akhirnya Baya bisa mempertahankan wilayahnya, dan Sura kembali ke lautan. Dan kejadian inti mengenang di arek-arek Suroboyo. Sampai saat ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kue Pasung dalam Mitoni Adat Jawa

TEMPAT MAKAN VIEW SAWAH (KOPI TELU PANDAAN)

Es Janggelan atau Cincau Hitam?