Goa Lowo, yang Katanya Terpanjang Se-Asia


Katanya sih goa ini adalah goa terpanjang se-Asia Tenggara. Terletak di desa Watuagung keamatan Watulimo. Aksesnya pun sangat mudah kalau dar arah Surabaya kita naik bus arah Trenggalek ataupun Tulungagung, karna kebayakan banyak yang hanya sampai tujuan Tulungagung jadi ita berhenti di terminal terakhir, terminal gayatri Tulungagung. Sampai di terminal gayatri kita transit bus mini arah Trenggalek.
Hanya bermodal biaya 5000 perorang dan turun saja di pertigaan durenan. Sampai pertigaan durenan silahkan transit meggunakan angkot, oh ya untuk angotnya sendiri batas am terakhir sampai jam 16.00 WIB saja. Jika sudah naik angkot bilang saja turun ke Goa Lowo, jika sudah sampai kalian harus berjalan menurun sedikit dan akan sampai tiket.
Tiket yang harus kalian rogoh hanya 4000 saja perorang bai dewasa maupun anak-anak. Di area wisata tersebut tidak hanya goa saja, saat kalian memasuki area wisata akan bertemu dengan wisata outbond dan area bermain anak-anak termasuk juga warga setempat yang menjual camilan ataupun sayuran yang bisa dibawa pulang untuk seedar oleh-oleh.
Di dalam goa kita bisa menikmati stalagtit dan stalagmit. Beberapa batu menyerupai bentuk-bentuk tertentu yang terjadi seara alami. Tidak perlu nyebur dan basah-basahan karna sudah dibuatkan jembatan untuk menikmati keindahannya berserta lampu warna-wani yang menghiasi sepanjang jembatan.
Di ujung goa ketika sampai mendongaklah ke arah atas maka kalian akan menikmati pusat matahari atau lubang yang berpusat langsung pada permukaan goa dan apabila ada sinar matahar maka cahaya matahari akan masuk menyinari goa lewat goa tersebut walau memang tidak sebesar lubang matahari seperti goa jomblang di Yogyakarta.
Dan di tengah ada yag menyerupai seperti hall dengan tempat duduk dan meja yang terbuat dari batu alami, bisa untuk sekedar berfoto atapun istirahat sejenak jika lelah menyusuri goa. Sebetulnya ita bisa saja melakukan penelusuran goa lebih dalam lagi, tapi kita butuh beberapa peralatn caving dan oksigen dan butuh kahlian khusus tentutnya.
Bagaimana? Berminat? Dan karna satu arah dengan jalanan ke pantai pasir putih jadi apa salahnya jika sekalian mampir.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kue Pasung dalam Mitoni Adat Jawa

TEMPAT MAKAN VIEW SAWAH (KOPI TELU PANDAAN)

Es Janggelan atau Cincau Hitam?