Wisata religi dan belajar sejarah di Gereja Pohsarang dan Goa Maria Kediri

Berada di bawah kaki gunung Wilis, gereja sekaligus goa Maria ini memiliki sisi tersendiri saat berkunjung, wisata religi atau sekedar ingin belajar sejarah. Awal untuk kesini ragu banget karna si sahabatku Yohan yang beragama nasrani tidak bisa ikut dan mengawal perjalananku ke Gereja.
Disisi lain aku muslim juga Aini berjilbab. Entah sebelum kesana Aini memutuskan untuk melepaskan jilbabnya, konyol memang, aku gatau alasan dia kenapa lepas jilbab, demi aku atau emang takut juga sama kayak aku. Tapi pas sana pengen ngomel-ngomel juga sih, karna disana banyak yang berjilbab untuk sekedar tau sejarahnya atau sekedar hunting foto. Tapi hanya sampai aula saja tidak sampai masuk area goa maria dan air suci, karna disana terdapat umat nasrani yang melakukan peribadahan. Jadi saran kalau traveler mau kesini ya usahakan jangan sampai mengganggu kegiatan beribadah mereka ya.

Sayangnya waktu kesana area goa Maria sendiri dalam proses perbaikan jadi masih ada alat kontruksinya yang mengganggu proses pengambilan foto haha, tapi gapapa ada tempat hunting lainnya yang namanya jalan salib dan bukit golgota yang banyak patung menceritakan 15 stasi flashback penderitaan Yesus sebelum di Salib. Ada juga kompleks atau pondok rosario biasanya para peziarah mendaraskan rosario disini.

Di lain tempat disisi kanan altar terdapat 12 kran air, yang biasanya mereka menyebut dengan air suci, 12 artinya melambangkan 12 murid Yesus. Katanya banyak mukjizat yang akan terjadi bila cuci muka, meminum air, juga membawa air ini, disini banyak penjual jerigen yang biasa peziarah membeli untuk menampung air tersebut untuk dibawa pulang.  Dan altar sendiri biasanya dibuat untuk mengadakan Nisa atau Novena di Goa Maria ini.

Selain ke area Goa Maria biasanya peziarah akan mampir untuk berdoa di gereja. Banyak yang berfoto di depan gereja lantaran arsitektur gereja yang unik. Untuk masuk kesini tidak perlu ijin ataupun membayar retribusi, cukup membayar parkir 3000 sepedah motor dan mobil atau bus 10.000

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kue Pasung dalam Mitoni Adat Jawa

TEMPAT MAKAN VIEW SAWAH (KOPI TELU PANDAAN)

Es Janggelan atau Cincau Hitam?