Sumber Jiput Kediri rasa bendungan

Hampir mirip seperti bendungan tapi ini bukan sekedar bendungan, warga setempat mengenalnya dengan sumber jiput, ada 3 lokasi sumber ; yang pertama berbentuk seperti bendungan yang ini memang ukurannya besar daripada yang lain, yang kedua berupa seperti aliran sungai, sayangnya waktu saya kesana aliran sungai sedang tidak begitu mengalir juga yang disayangkan adalah adanya beberapa sampah dipinggiran, nah kalau yang ketiga ini berupa seperti kolam ikan tidak terlalu besar dan juga bisa dipancing.

Banyak warga setempat yang kesini untuk sedekar berfot dan ada warung – warung juga permainan anak-anak seperti odong-odong. Ada pula yang melakukan aktivitas lainnya seperti bersepedah untuk menuju sumber ini. Tidak ada loket untuk retribusi ataupun parkir, ya mungkin tujuan yang lain adalah murah kali ya.

Warga setempat juga percaya bahwa air disini sangat sakral. Terletak di kelurahan Rejomulyo kecamatan Pesantren kota Kediri. Mereka percaya bahwa Sumber Jiput merupakan sebuah mata air yang konon menurut warga sekitar merupakan sumber dari mata air dan angin.
Mata air tersebut sekaligus menjadi sumber munculnya angin yang secara misterius datang dari lokasi itu, yang kemudian berubah menjadi angin puting beliung. Lalu oleh pemerintah Belanda, sejumlah mata air ditutup dengan menggunakan Jiput atau sapu lidi, sehingga sampai saat ini disebut Sumber Jiput.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kue Pasung dalam Mitoni Adat Jawa

TEMPAT MAKAN VIEW SAWAH (KOPI TELU PANDAAN)

Es Janggelan atau Cincau Hitam?