Sumber Bulus Kediri yang Dulu terkenal kini terabaikan

Dulu terawat kini sudah tak lagi mungkin ini kata yang pas saat harus mengulas sumber bulu di Tosaren, kecamatan Pesantren, Kediri ini. Mengapa tidak dulu sangat terawat dan terdapat retribusi. Kini mulai sepi, kotor, semua fasilitas rusak pula. Banyak yang enggan kesini karna dilihat dari kejauhan saja sudah terlihat kotor juga kumuh, warga yang kesini hanya sekedar lewat begitu saja.

Dulu setiap malam satu Suro pasti disini diadakan pagelaran Wayang Kulit. Konon mengapa namanya sumber bulus, cerita dari warga setempat, seorang Raden Panji yang menemukan sumber yang jernih juga bersih terdapat bulus (kura-kura besar berwarna putih) di dalam kolam atau sumber ini.
Walau musim kemarau sumber ini di kenal tidak pernah mengalami kekeringan. Banyak warga yang takut karena keberadaan bulus itu, sebab terkadang bulus itu banyak bermunculan terkadang tidak ada secara tiba-tiba tanpa ada jejaknya.


Ya saya harap sih ada perbaikan lagi dari pemerintah terutama dinas pariwisata kota Kediri agar sejarah tentang sumber bulus ini tidak hilang begitu saja, dan anak cucu kita juga traveler lainnya tau tentang ini semua.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kue Pasung dalam Mitoni Adat Jawa

TEMPAT MAKAN VIEW SAWAH (KOPI TELU PANDAAN)

Es Janggelan atau Cincau Hitam?