Gunung Arjuno

Berbicara tentang jalur pendakian via Tretes Prigen Pasuruan memang terkenal dengan jalur terberat dengan batuan yang diinjak kadang tergelincirnya. Dari pos 1 sampai pos 3 pondokan tidak akan pernah habis kita ditemani batu-batuan.
Baik pendakian gunung arjuno dan gunung welirang jika melewati sini anda harus pasrah dengan semua bebatuannya. Dari pos pondokan jika mendaki gunung welirang sebaiknya camp terakhir di area pondokan dan berbelok ke arah kanan. Jika ke gunung arjuno kita bisa ambil jalur kiri jalan, boleh camp di pondokan boleh juga di lembah kidang. Tapi saya sarankan di lembah kidang karna ada sumber air juga disana. Dari lembah kidang kita mengikuti jalur saja sampai menemukan alas lali jiwo.
Konon alas ini dinamakan alas lali jiwo seakan kita akan lupa dengan jiwa kita, ketika kita memuji keindahan hutannya. Padahal jika ditarik lurus untuk meuju puncak kita tinggal lurus saja.
Tetapi jika kita sempat terkagum dengan alas lali jiwonya bahkan tanpa kita sadari kita akan memutar-mutar di jalan yang sama. Kejadian ini pernah dialami oleh rekan saya sebelumnya yang memilih pendakian lebihdulu daripada rombongan saya, katanya ia hanya foto alas lali jiwo karena keindahannya setalh berfoto rombongannya melakukan perjalanan menuju puncak, hampir 5 jam mereka tidak sampai puncak dan hanya memutar dijalur yang sama.
Karena lelah memutar mereka memilih beristirahat dan ajhirnya ada beberapa rombongan pendaki yang turun dari puncak barulah ia sadar bahwa jalur menuju ouncak tinggal lurus saja. Itu menurut cerita teman saya bagi kalian percaya atau itu tidak itu terserah kalian. Saran dimanapun kita berada kita harus sopan dan santun agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.
Rekom jalur ini karena setiap pos yang kita lewati selalu ada sumber air yang sangat melimpah, tetapi tetap jaga kebersihan ya gaes, dan tidak perlu kehabisan logistik tiap pos pasti kita temui warung yang menyediakan mie instas, gorengan juga camilan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kue Pasung dalam Mitoni Adat Jawa

TEMPAT MAKAN VIEW SAWAH (KOPI TELU PANDAAN)

Es Janggelan atau Cincau Hitam?