Pendakian Gunung Kembar 2, via Cangar

Jalur ini adalah alternatif bagi pendaki yang berdomisili di daerah sekitar Batu dan Mojokerto yang berbatasan dengan Kab. Malang (Cangar dan sekitarnya). Di sebut jalur Cangar karena jalur ini terletak di area wisata pemandian air panas Cangar yang dikelola oleh Taman Hutan Raya (Tahura) R. Soerjo. Pos perijinannya sendiri di tengah hutan cangar dan taman bunga aboretum. Untuk perijinan ini beda dari yang lain karna ketika kalian lewat sini kalian harus telp atau hubungi penjaga pos terlebih dahulu.
Untuk motor dan kebutuhan air yang akan di bawa silahkan di titipkan di rumah warga setempat. Kalian bisa bayar seikhlasnya atau memberi setidaknya 15.000. dikarenakan tidak ada sumber air kalian diharapkan membawa dari bawah ya.

Setelah sebuah beres lewat akses jalur warga yang menuju arah ladang, dan kalian akan melewati ladang sampai menemukan titik poin ladang paling ujung kanan, saat itu kami menumpang di mobil yang mengangkut sayuran, yang menuju ladang untuk mengambil sayur, dan tiba-tiba kami diberi beberapa sayur untuk bekal selama pendakian. Memang jalurnya belum jelas juga sangat rimbun, diusahakan membawa trasmountina atau pisau panjang untuk membelah semak belukar. Setelah kalian berhasil menembus semak belukar kalian sudah menemukan jalan setapak yang hanya bisa di akses 1 orang saja.

Kalian hanya tinggal mengikuti jalur tersebut dan akan menanjak ke atas. Sampai di sebuah sabana, dan sabana itu akan menemui satu pohon berdiri di antara dua puncak. Yang sebelah kanan adalah puncak gunung kembar 2 dan sebe;ah kiri adalah puncak gunung kembar 1. Di tumbuhi banyak edelweis dan jarang banyak yang menggunakan jalur ini dikarekakan akses yang tidak ada sumber air sama sekali.

Di sabana kalian bisa membuka tenda disana, disarankan di bawah pohon ya agar jika ada angin kencang, tenda tidak terbang. Disana ada batu nisan mengenang almarhum ali juga indah, kabarnya mereka sempat menghilang dan di temukan tidak bernyawa, mereka adalah mahasiswa STESIA Surabaya.

Dan jika ingin ke gunung arjuno welirang kalian tinggal berjalan lurus dengan arah panah di pohon tengah nanti akan sampai pada pos 3 (pos pondokan via tretes prigen). Karna cuaca tidak mendukung pada waktu itu saya tidak melanjutkan perjalanan ke gunung kembar 1. Kami memutuskan untuk kembali turun saja.

Komentar

  1. Berapa jam mbak itu ke Kembar/Welrang dari bawah???
    Tek tok PP bisa kan?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kue Pasung dalam Mitoni Adat Jawa

TEMPAT MAKAN VIEW SAWAH (KOPI TELU PANDAAN)

Es Janggelan atau Cincau Hitam?