Candi Simping, Blitar

Candi simping yang berada di Blitar, Indonesia tepatnya Desa Sumberjati, Kec. Kademangan. Candi ini kini hanya tinggal pondasi saja, dan bangunannya sudah runtuh. Dan pondasi yang berhias dengan relief-relief.

Menurut sejarahnya candi ini memang tidak sepopuler Candi Penataran yang berada di wilayah utara Kabupaten BlitarTetapi Candi Simping menyimpan nilai sejarah tinggi di era Kerajaan Majapahit.
Menurut Kitab Negarakertagama, Candi Simping merupakan tempat pendharmaan Raden Wijaya, raja pertama sekaligus pendiri dinasti Kerajaan Majapahit.

Di tempat itu, abu raja yang bergelar Sri Kertarajasa Jayawardana disemayamkan.
Jika berkunjung kemari kalian tidak akan di pungut biaya retribusi. Tapi kalian hanya mengisi buku tamu saja. Jangan khawatir kalian tidak hanya berfoto disana tapi kalian akan mendengarkan bagamaina sejarah candi tersebut yang akan diceritakan oleh penjaga candi yang juga warga di daerah tersebut.

Untuk kamar mandi tidak ada, jika kalian ingin ke kamar mandi kalianminta izin kepada penjaga dan akan dihantarkan pada rumah beliau untuk menumpang kamar mandi.
Dan untuk parkiran mobil tepat di area depan candi yang sangat luas, untuk parkir motor parkirkan saja di depan rumah yang halaman cukup luas tepat di depan candi. Tidak ada retribusi untuk parkir dijamin semua gratis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kue Pasung dalam Mitoni Adat Jawa

TEMPAT MAKAN VIEW SAWAH (KOPI TELU PANDAAN)

Es Janggelan atau Cincau Hitam?