Candi Jawi, Pasuruan

Terletak di bawah kaki gunung welirang tepatnya di daerah prigen, dan akses yang tidak begitu sulit pasalnya kalian akan menemukan candi ini berdiri dengan megahnya di pinggir jalan menuju kawasan tretes ataupun ke arah pos perijinan pendakian arjuno welirang via tretes prigen.

Candi Jawi menempati lahan yang cukup luas, sekitar 40 x 60 m2, yang dikelilingi oleh pagar bata setinggi 2 m. Bangunan candi dikelilingi oleh parit yang saat ini dihiasi oleh bunga teratai. Ketinggian candi ini sekitar 24,5 meter dengan panjang 14,2 m dan lebar 9,5 m.
Antara pelataran belakang candi yang cukup luas dan tertata rapi dengan perkampungan penduduk dibatasi oleh sebuah sungai kecil. Di sudut selatan pelataran terdapat reruntuhan bangunan yang terbuat dari bata merah. Sepertinya bangunan tersebut tadinya adalah sebuah gapura, namun tidak ada keterangan yang bisa didapat mengenai bentuk dan fungsinya semula.
Untuk fasilitasnya sendiri kalian tidak akan menemukan toilet jadi silahkan ke supermarket atau ke SPBU terdekat juga bisa menumpang kerumah warga. Tidak ada tiket retribusi masuk. Hanya membayar parkir dan kalian bisa parkir di depan area candi, memang lahannya tak begitu luas, untuk yang membawa mobil harus pandai-pandai cari tempat parkir ya...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kue Pasung dalam Mitoni Adat Jawa

TEMPAT MAKAN VIEW SAWAH (KOPI TELU PANDAAN)

Es Janggelan atau Cincau Hitam?