Bendungan Serut, Blitar

PLTA lodoyo yang lebih dikenal dengan nama bendungan serut. Bendungan ini di bangun pada tahun 1982. Bendungan ini adalah tipe bendungan gerak, memiliki kapasitas tampungan efektif 5,0 x 106 m3 dengan luas daerah genangan 0,94 km2.
Selain memiliki fungsi utama sebagai pembangkit listrik tenaga air, pengatur debit air atau afterbay PLTA Wlingi Raya, pengendali banjir, dan budidaya perikanan, bendungan ini juga dikembangkan menjadi destinasi wisata dengan tajuk Taman Wisata Bendungan Lodoyo.
Taman Wisata Bendungan Lodoyo berada di utara instalasi bendungan, secara administratif masuk dalam wilayah Desa Gogodeso, Kec. Kanigoro, Kab. Blitar. Taman Wisata Bendungan Lodoyo berada dibawah pengelolaan Perum Jasatirta. Taman ini didesain sedemikian rupa sehingga memiliki view yang luas ke arah waduk dan bendungan.
Sedikit bergeser ke timur namun masih berada dalam kawasan Taman Serut, terdapat wahana air berupa kolam renang. Dari atas bendungan dapat menyaksikan pertujukan air yang memukau.
Pertunjukan tersebut berasal dari air buangan bendungan yang menggelegar menghantam talut. Sedikit ngeri namun membut penasaran. Dan hanya di bendungan ini saja dari bendungan yang saya temui sebelumnya.
Tidak ada retribusi jika pagi sekali. Di atas jam 8 ketika kalian lewat akan di kenakan biaya 1000 rupiah, walau hanya lewat bendungan saja.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kue Pasung dalam Mitoni Adat Jawa

TEMPAT MAKAN VIEW SAWAH (KOPI TELU PANDAAN)

Es Janggelan atau Cincau Hitam?