Candi bajang ratu Mojokerto

Berbentuk seperti halnya gapura candi ini bisa disebut gapura bajang ratu, tapi orang lebh mengenal dengan sebutan candi bajang ratu. berada di Desa Temon, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia.
Menurut catatan Badan Pelestarian Peninggalan Purbakala Mojokerto, candi / gapura ini berfungsi sebagai pintu masuk bagi bangunan suci untuk memperingati wafatnyaRaja Jayanegara yang dalam Negarakertagama disebut "kembali ke dunia Wisnu" tahun 1250 Saka(sekitar tahun 1328 M). Namun sebenarnya sebelum wafatnya Jayanegara candi ini dipergunakan sebagai pintu belakang kerajaan. Dugaan ini didukung adanya relief "Sri Tanjung" dan sayap gapura yang melambangkan penglepasan dan sampai sekarang di daerah Trowulan sudah menjadi suatu kebudayaan jika melayat orang meninggal diharuskan lewat pintu belakang.
Fasilitas yang ada disini sudah tersedia warung kecil untuk mengganjal perut, fasilitas parkir, juga fasilitas kamar mandi. Untuk retribusi kalian akan dikenakan biaya perorang sekitar 3000 rupiah saja.

Disini kalian bisa belajar tentang sejarah bajang ratu pada masa kerajaan majapahit. Selain itu juga di manfaatkan untuk kegiatan fotografer.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kue Pasung dalam Mitoni Adat Jawa

TEMPAT MAKAN VIEW SAWAH (KOPI TELU PANDAAN)

Es Janggelan atau Cincau Hitam?