Gili Ketapang

Gili Ketapang adalah sebuah desa dan pulau kecil di Selat Madura, tepatnya 8 km di lepas pantai utara Probolinggo. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.
Teman satu kantor sudah merencakan liburan bersama,salah satu teman saya memang sudah mengunjungi pulau gili ketapang. Kita fix berangkat satu grup hanya meniggalkan david saja yang tidak ikut, sepulang shift pagi kita langsung berangkat dengan mobil Gagan. Motr kamipun kita taruh parkiran kantor. Karna masih malam kami memutuskan utnuk refreshing dan mencari makan di alun-alun kota wisata batu malang, kami berangkat tepat pukul 8 malam.

Dan sampai di alun-alun kota wisata batu tinggal penjual ketan legenda, sosi bakar, dan hanya satu warung makan yang buka, bahkan cafe pun sudah tutup. Setelah perut kenyang kami segara menuju ke pulau gili ketapang. Di mobil sebagian ada yang tidur ada pula yang menyanyi ria.

Tepat pikul 05.30 wib kami sudah sampai alun-alun kota probolinggo, kita juga melewati BPJR probolinggo, dikarenakan jalan akses menuju pulau gili ketapang di tutup kita lewat jalan lain untuk menuju sebuah pelabuhan.

Sesampainya kami di pelabuhan kita beristirahat, ada yang makan juga. Tak berapa lama guide yang sudah kita booking melalu akun instagram meraka pun datang. Memang sebelumnya kita harus booking melalu akun instagram mereka. Waktu itu kami menggunakan jasa guide dengan akun instgram milik @giliketapang_trip. Dan waktu itu kita perorang Cuma dikenakan biaya sebesar 90k atau 90.000 saja. Murah banget kan?

Fasilitas yang kita dapat dari harga segitu kita udah dapat asuransi, alat snorkeling, perahu PP pelabuhan – pulau gili ketapang, makan ambil sendiri sepuasnya, ke pulau kucing juga spot snorkeling 2 tempat. Murah banget kan bagi kita yang mau liburan irit tanpa perlu habisin berjuta-juta ataupun beratus-ratusan lembar.

Okeh perjalan kita mulai dengan kapal kayi]u, aman kok gaes, itu juga akses warga sana untuk pergi ke kota probolinggo, sampai disana kita foto-foto sejenak, dan sekedar makan roti yang kita bawa, setelah itu kita siap-siap, dan mencoba alat snorkeling. Setelah semua dirasa siap kita menuju spot pertama. Spot pertama kita enggak snorkeling melainkan kita berkunjung ke pulau gua kucing.

Pulau kecil memang tidak terlalu banyak kucingnya sih, disana seperti tempat ziarah, tempatnya bagus kok cocok uat prewed. Oh ya kalau kesana jangan lupa bawa uang receh ya, disana banyak anak kampung situ yang mita uang, terkdanga sedikit memaksa.

Setelah dirasa puas kita ke tempat snorkeling yang pertama, tempat snorkeling yang pertama kitu kita foto dengan batu yang ada tulisannya “finding nemo gili ketapang”. Yang gak bisa renang santai kok kita kan pakek pelampung, yang gak bisa menyalam gampang guidenya baik kok kalian akan di pandu lalu di fotokan pula.

Okeh lanjut kita menuju spot snorkeling yang kedua, yang kedua ini bakalbikin kita betah banget pasalnya tempat karang-karangnya cantik banget. Waktu disilah kita sedikit lama.

Mendekati makan siang kami kembali ke titik kumpul atau kegazebo tempat barang-barang kita tadi, disana kita mandi lalu makan. Makanannya sudah disediakan kecuali air minum.ikannya ngambil terserah kalian, nasinya juga terserah kalian, sambelnya satu orang satu cobek.oh yah kalau berkunjung kesini yang di bawa pas snorkeling hape dan dompet aja yang perlu di amankan. Setalah saling kirim foto, kenyang, dan kita bayar tepat pukul 4 sore Keita berlayar untuk kembali ke mobil dan pulang.

Okeh sekian cerita saya dari gili ketapang probolinggo, tunggu episode berikutnya ya gaes... happy weekend trav...